Senin, 16 November 2020

Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta

 Hai #TemanKaLu

Bunker Kaliadem merupakan objek wisata yang terletak di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di Desa Kinahrejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, D.I.Yogyakarta. Lokasi tersebut berada pada ketinggian lebih dari 2.000 mdpl. Wisatawan diajak menyaksikan kegagahan Merapi dari jarak 5km. Kawasan ini memadukan sejarah, keindahaan serta keunikan alam gunung merapi dengan fenomena vulkaniknya.  Untuk masuk ke area Bunker Kaliadem wisatawan dikenakan biaya 10.000/orang dan membayar parkir sebesar 2000 untuk sepeda motor. Jam operasional Bunker Kaliadem ini buka 24 jam, dari pagi sampai malam.

Bunker Kaliadem sudah dibangun sejak zaman Belanda. Lokasi ini dibangun sebagai tempat berlindung dalam melakukan pengamatan aktivitas Gunung Merapi. Bunker ini tak lagi digunakan karena suhu awan panas dapat menembus hingga ke dalam.

Di depan pintu bunker terdapat batu besar yang mengisahkan riwayat bunker tersebut. Bahannya yang terbuat dari beton setebal 25 cm dan pintunya terbuat dari baja. Jejak erupsi Merapi tergambar jelas di depan pintu utama dengan ketebalan 15 cm.

Wisatawan dapat masuk untuk melihat sampai ke bagian dalam ruangan. Kedalaman Bunker Kaliadem sekitar 3m dengan luas ruangannya 12 x 8 meter. Di dalam ruangan masih terdapat sisa-sisa material Merapi, seperti lapisan batu serta pasir vulkanis.

 


 Setelah menikmati keindahan Gunung Merapi, #TemanKaLu wajib banget nih berkunjung ke galeri KaLu. Disana ada banyak oleh-oleh khas Jogja yang cantik dan etnik, tentunya tetap Cinta Produk Indonesia yaa :). Langsung aja ke Galeri KaLu

KALU

📍Jl.Tunjung Baru No. B-8, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta (Barat Stadion Mandala Krida)
🌐Website : http://www.kaluart.com
🖼Instagram : @kaluart / @kalukatalog / @souvenirlurikkalu
🗣Facebook : KaLu Katunlurix
💬 WA 1 : 087825561019
💬 WA 2 : 081804370833
💬 WA 3 : 081804059024

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar