Jumat, 27 Maret 2020

5 Hal Penting Cegah Covid-19



1. Mencuci tangan dengan air sabun atau alkohol
Salah satu cara mencegah penyakit COVID-19 adalah mencuci tangan. Mencuci tangan merupakah salah satu kebiasaan sehat yang terlihat sederhana, tetapi ampuh mengurangi risiko penularan infeksi virus.
Hal ini dikarenakan tangan manusia dipenuhi dengan berbagai macam bakteri dan virus, terutama ketika berada di tempat yang ramai. Patogen yang tersebar dapat menempel di tangan dan lebih berisiko menularkan infeksi virus, seperti SARS-CoV-2.
2. Tetap Tinggal Dirumah
Untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID – 19) untuk sementara Stay at home tinggal di rumah,tidak pergi bekerja, sekolah atau tempat umum, tidak menggunakan transportasi umum, tidak memiliki pengunjung, seperti teman dan kerabat, tidak keluar rumah untuk membeli makanan atau mengambil obat memesannya melalui telepon atau online.
3. Jaga Jarak Sosial
Satu di antara pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah jaga jarak sosial. Pemerintah telah melakukan kampanye jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus Corona. Jaga jarak Anda dengan orang lain sekitar satu meter. Jaga jarak fisik tak hanya berlaku di tempat umum, di rumah pun juga bisa Anda terapkan.
4. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan
Menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan mampu mencegah penyebaran virus Corona. Untuk saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik.
Tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran virus Corona.
5. Melakukan etika batuk dan pakai masker saat sakit
Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan masker meskipun dalam keadaan sehat merupakan cara efektif mencegah COVID-19. Faktanya, tidak demikian. Pemakaian masker lebih efektif dilakukan pada orang sakit dan tenaga kesehatan yang sering berkontak dengan pasien yang terinfeksi. Selain itu, penggunaan masker akan lebih manjur ketika digabungkan dengan kebiasaan mencuci tangan sesering mungkin.
Beberapa cara mencegah COVID-19 di atas tidak akan lengkap bila Anda tidak update dengan informasi terkini. Mulai jumlah kasus, metode pengobatan, rekomendasi ketika bepergian ke luar negeri dan mengikuti saran dari pelayanan kesehatan resmi.
Kami imbau kembali agar tetap #dirumahaja jika tidak ada keperluan mendesak di luar rumah
.
Jangan lupa jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. .
#IndonesiaWaspada
#StayHealthyIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar