Selasa, 24 Maret 2020

Istilah-Istilah COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat Umum


pict by : promkes dinkes yogyakarta

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan) 
Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan-salah satu RS rujukan kasus virus corona, Rita Rogayah, ODP adalah orang dalam pemantauan, biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif. Orang dengan status ODP biasanya tidak perlu rawat inap di rumah sakit tetapi akan diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumah setidaknya selama 14 hari hingga kondisi membaik. 

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 
Rita Rogayah juga menjelaskan, berbeda dengan ODP, orang yang dinyatakan PDP akan menjalani proses observasi melalui proses cek laboratorium yang hasilnya akan dilaporkan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI. PDP dikriteriakan sesuai gejalanya, seperti demam, batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan. Atau dari hasil observasi ada saluran nafas bawah yang terganggu serta terjadi kontak erat dengan penderita positif atau dari daerah yang terjangkit.



Tetap jaga selalu kebersihan tangan kita dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Berdasarkan keputusan pemerintah kita harus melakukan social distancing dan menghindari keluar rumah dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar