Selasa, 14 April 2020

Keraton Yogyakarta : Wayang di Sasana Hinggil

Pernahkah kamu ke Alun-alun Selatan? Disana kamu akan menjumpai lapangan yang luas identik  dengan 2 pohon beringin besar yang dipagar dan juga bangunan cagar budaya yang sangat khas dengan gaya bangunan milik Kraton. Itulah Sasana Hinggil. Sasana Hinggil memiliki arti tanah yang tinggi. Sejarahnya, dulu tempat ini dijadikan tempat untuk Raja menyaksikan gladi bersih prajurit untuk persiapan upacara Gerebeg. Selain itu, tempat ini juga dikenal sebagai tempat manusia adu harimau (yang dikenal dengan nama rampogan).
pict by : pariwisata.jogjakota.go.id

Seiring berjalannya waktu, sebagai cagar budaya Sasana Hinggil dijadikan tempat untuk menyaksikan pegelaran kesenian. Jika kamu ingin menyaksikan wayang kulit yang biasa digemari oleh warga Yogyakarta, kamu dapat mengunjungi gedung ini setiap hari Sabtu di minggu kedua setiap bulannya. Sasana Hinggil menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, yang dimulai pukul 21.00 WIB sampai dengan 05.30 WIB.
pict by : youtube.com
Karena tentunya pegelaran ini dilakukan di ruang terbuka, lebih baik kamu membawa jaket dan alas untuk duduk, karena biasanya warga Yogyakarta melihat wayang khas dengan duduk lesehan (duduk bersimpuh di tanah).  
sumber : visitjogja
Nahhhh. Setelah puas menikmati kesenian wayang di Sasana Hinggil ini pasti kita perlu membeli souvenir khas Jogja. Salah satu tempat yang menyediakan souvenir khas Jogja yaitu KALU. KALU menghadirkan berbagai souvenir bernuansa etnik dengan paduan lurik dan tenun ikat. Terimakasih teman kalu, ditunggu berkunjung ke galeri kami
KALU
๐Ÿ“Jl.Tunjung Baru No. B-8, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta (Barat Stadion Mandala Krida)
๐ŸŒWebsite : http://www.kaluart.com
๐Ÿ–ผInstagram : @kaluart / @kalukatalog / @souvenirlurikkalu
๐Ÿ—ฃFacebook : KaLu Katunlurix
๐Ÿ’ฌ WA 1 : 082329713900
๐Ÿ’ฌ WA 2 : 081804370833
๐Ÿ’ฌ WA 3 : 081804059024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar