Selasa, 07 April 2020

Surjan Lurik Mix Tenun Sebagai Pilihan Pakaian Adat Jawa Namun Bernuansa Indonesia

Surjan adalah nama model busana adat jawa khususnya Jawa tengah dan Yogyakarta. Surjan dominan dipakai oleh laki laki, meskipun tidak sedikit wanita juga memakainya dalam bentuk kebaya. Surjan banyak ditemui pada pelaksanaan upacara adat, dipadukan dengan kain jarik dan blangkon.
pict by : lazada
Motif surjan pada awalnya hanya satu yaitu lurik. Surjan lurik ini pertama kali di buat oleh Sunan Kalijaga sebagai pakaian Takwa. Kata lurik berasal dari kata lorek yang berarti garis-garis melambangkan kesederhanaan.
Selanjutnya muncul surjan ontrokusuma yang bermotif bunga. Jenis dan motif kain yang digunakan untuk membuat surjan ontrokusuma terbuat dari kain sutra bermotif hiasan berbagai macam bunga. Biasanya surjan jenis ini dipakai pejabat dan kalangan bangsawan kraton. Masyarakat umum tidak diperkenankan menggunakannya tanpa mendapat izin dari pihak keraton.
pict by : pustaka dunia
KALU hadir dengan pilihan surjan yang bernuansa etnik dengan bahan yang sangat nyaman digunakan. Kami juga menyediakan berbagai ukuran. Disini kami akan mengenalkan SURJAN dengan tenun lurik mix ikat. Dibawah ini beberapa koleksi dari KALU :






pict by : KALU

Bagaimana teman Kalu? Keren dan etnik banget kan? Koleksi SURJAN LURIK MIX TENUN IKAT menjadikan kamu lebih fashionable. Untuk koleksi lebih lengkap silahkan berkunjung ke Galeri kami.

Terimakasih teman kalu, ditunggu berkunjung ke galeri kami
KALU
📍Jl.Tunjung Baru No. B-8, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta (Barat Stadion Mandala Krida)
🌐Website : http://www.kaluart.com

🖼Instagram : @kaluart / @kalukatalog / @souvenirlurikkalu
🗣Facebook : KaLu Katunlurix
💬 WA 1 : 082329713900
💬 WA 2 : 081804370833
💬 WA 3 : 081804059024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar