Kamis, 09 April 2020

Napak Tilas Perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

Goa ini terletak di Dusun Kembang Putihan, Gowasari, Pajangan, Bantul. Dari arah Kota Jogja anda bisa menuju ke arah Jalan Bantul, ikuti jalan terus hingga menjumpai gapura selamat datang di Kota Bantul. Dari gapura ikuti jalan lagi hingga bertemu perempatan lampu merah, ambil jalan ke kanan hingga sampai ke Goa Selarong. Akan ada papan petunjuk arah di jalan menuju goa.
Lokasi ini sarat dengan nilai historis karena menjadi bagian dari kisah perjuangan Pangeran Diponegoro semasa Pemerintahan Belanda di indonesia. Goa ini dijadikan sebagai tempat untuk menyusun strategi dan markas perang gerilya. Goa Selarong berada dalam deretan pegunungan kapur setinggi kurang lebih 35 meter dengan pepohonan rindang dan hijau di kanan dan kirinya. Di balik cerita tersebut ada sesuatu yang masih menjadi misteri hingga saat ini.
pict by : alodiatour.com
Yakni Pangeran Diponegoro dan pengikutnya bisa masuk ke dalam goa tanpa terlihat dari luar. Jadi bisa dikatakan Goa Selarong memiliki pintu tak kasat mata. Selain itu, suasana mistis masih ditemui. Penduduk sekitar mengatakan bahwa setiap malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon akan terdengar suara seperti alunan gending-gending Jawa. Namun ketika diperiksa tidak terlihat aktivitas apapun di goa tersebut.
pict by : paketwisatajogja75.com
Jika anda berkunjung ke sini saat musim hujan anda bisa melihat air terjun di dekat goa. Selain itu, terdapat dua buah sendang yaitu Manik Moyo dan Umbul Moyo. Jika anda berniat mengajak keluarga ke sini tak perlu khawatir karena fasilitas di Goa Selarong sudah cukup lengkap. Tersedia toilet, mushola, gardu pandang, pendopo untuk bersantai, bahkan area perkemahan juga ada. Setahun sekali upacara adat Grebek Goa Selaronng dilakukan untuk mengenang Pangeran Diponegoro sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Bantul.
sumber : visitjogja.com
Nahhhh. Setelah puas napak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong ini pasti kita perlu membeli souvenir khas Jogja. Salah satu tempat yang menyediakan souvenir khas Jogja yaitu KALU. KALU menghadirkan berbagai souvenir bernuansa etnik dengan paduan lurik dan tenun ikat. Terimakasih teman kalu, ditunggu berkunjung ke galeri kami
KALU
📍Jl.Tunjung Baru No. B-8, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta (Barat Stadion Mandala Krida)
🌐Website : http://www.kaluart.com
🖼Instagram : @kaluart / @kalukatalog / @souvenirlurikkalu
🗣Facebook : KaLu Katunlurix
💬 WA 1 : 082329713900
💬 WA 2 : 081804370833
💬 WA 3 : 081804059024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar